Trend yang Memicu Industri Fintech di Indonesia

By in :

Berkembangnya teknologi informasi di era internet ini ternyata berpengaruh besar terhadap aktivitas ekonomi masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya bisnis jual beli online atau e-commerce, sekarang orang juga sudah mulai mengenal fintech (financial technology) dan menggunakannya dalam berbagai bidang kehidupan.

Fintech merupakan industri keuangan berbasis teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses berbagai produk atau layanan keuangan secara lebih praktis dan mudah. Di Indonesia sendiri, industri fintech lebih didominasi oleh perusahaan startup ternama dengan potensi yang cukup besar.

Inovasi keuangan berbasis digital semacam ini tidak hanya menawarkan solusi brilian untuk konsumen, tetapi juga meningkatkan potensi ekonomi suatu negara. Makin maraknya fintech di Indonesia umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti:

 

  • Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi menjadi alasan semakin maraknya tren fintech di Indonesia. Kian banyaknya startup, e-commerce, dan industri online lain tentu ikut memicu semakin tingginya permintaan akan layanan fintech.

  • Kondisi Geografis

Sebagai negara kepulauan yang tiap daerahnya terpisah jarak cukup jauh, tentu diperlukan teknologi yang mumpuni untuk mempermudah segala urusan finansial tanpa kendala waktu dan jarak. Di sini, fintech hadir menawarkan kepraktisan bertransaksi dengan akses tak terbatas.

  • Pesatnya Pertumbuhan Kelas Menengah

 Makin banyaknya jumlah kelas menengah ternyata ikut berpengaruh terhadap majunya industri fintech di Tanah Air. Kalangan menengah (terutama generasi muda) yang sudah mengenal internet dengan segala kecanggihannya sudah pasti membutuhkan digital assistance yang mumpuni dan siap mendukung aktivitas sehari-harinya dalam hal keuangan, baik urusan personal maupun pekerjaan.

  • Praktis dan Fleksibel

Financial technology menawarkan pengalaman berbisnis yang tidak hanya mudah, tetapi juga praktis dan fleksibel. Kelebihan-kelebihan inilah yang tidak akan kamu temukan pada layanan keuangan konvensional. Wajar kalau fintech sangat menggiurkan bagi para pebisnis muda yang ingin mulai bergerak di industri teknologi.

  • Startup Baru

Dibadingkan dengan e-commerce atau startup berbasis layanan konsumen lain, fintech terbilang masih baru sehingga belum terlalu banyak pesaing yang bergelut di bidang ini. Nah, poin ini tentu bisa jadi peluang emas buatmu yang ingin merintis usaha di bidang serupa.

  • Kerja Sama Pemerintah dan Pebisnis

Tidak hanya masyarakat sipil, fintech juga sudah mulai digunakan di banyak instansi pemerintah. Langkah ini merupakan salah satu bentuk promosi dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia untuk makin memajukan industri keuangan digital.

Apa yang Bisa Fintech Tawarkan?

Industri fintech menawarkan kemudahan dalam berbagai layanan finansial, mulai dari pembayaran tagihan atau cicilan, peminjaman uang (lending), jasa perencanaan keuangan (financial assistance), investasi, penggalangan dana (crowdfunding), remitansi, bantuan riset finansial, dan layanan transaksi keuangan elektronik lainnya.

Masa Depan Industri Fintech di Indonesia

Industri financial technology di Indonesia diprediksi akan semakin berkembang pesat seiring makin canggihnya teknologi informasi. Hal ini tentu akan jadi sesuatu yang kompetitif bagi pelaku usaha di bidang terkait. Selain terus meningkatkan pengetahuan tentang literasi keuangan, hal lain yang tak kalah penting jika kamu ingin sukses dalam industri ini adalah membangun branding usaha seprofesional mungkin.

Membangun personal branding sebuah startup bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan membuat website bisnis dengan fitur lengkap dan tampilan yang menarik. Tak perlu khawatir jika kamu tidak punya cukup waktu untuk duduk di depan komputer demi mengurus segala keperluan yang berhubungan dengan website perusahaan, sebab ada Jakhoster.com yang siap membantu.

Jakarta Hosting Center atau Jakhoster merupakan perusahaan yang melayani pembuatan domain dan hosting untuk berbagai startup. Kami menawarkan produk dengan fitur lengkap, kualitas yang jauh lebih baik, serta harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

Adapun produk yang ditawarkan Jakhoster di antaranya: pendaftaran domain, server, sertifikat SSL (Secure Socket Layer), penyewaan server web, serta paket hosting dengan berbagai pilihan sesuai kebutuhanmu. Nah, ingin startup fintech-mu sukses besar? Mulailah dengan memercayakan segala kebutuhan hosting-mu pada Jakhoster!

 

Written By