Pengertian Web Hosting dan Tips Cara Memilih Web Hosting Untuk Bisnis- Saat ini siapa yang tidak kenal dengan dunia hosting. Semua orang tentunya sudah familiar dengan kata tersebut. Akan tetapi mungkin diantara mereka masih ada yang belum memahami betul apa pengertian dari kata hosting tersebut.
Hosting sendiri memiliki beberapa pengertian, tetapi pengertian paling sederhana untuk kata tersebut adalah sebuah layanan dalam perkara penyimpanan data. Data tersebut bisa berupa sebuah gambar, data dan file yang terdapat dalam sebuah website. Masih belum terbayang dengan penjelasan tadi? Jika demikian, simak ulasan pengertian hosting berikut ini ya.

Pengertian Hosting dan Tips Cara Memilih Web Hosting Untuk Bisnis
Pengertian hosting berdasarkan Hostinger yaitu sebuah layanan online yang memberikan izin kepada penggunanya untuk menerbitkan sebuah situs website. Ketika Anda mendaftarkan diri untuk mencoba sebuah layanan web hosting, artinya Anda tengah menyewa sebuah ruangan server fisik untuk menyimpan data yang Anda miliki. Data yang memiliki peranan penting untuk berjalannya sebuah website dengan baik.
Pengertian hosting berdasarkan Technopedia yaitu sebuah layanan yang menyajikan suatu sumber daya pengarsipan komputasi. Pengarsipan ini berlaku untuk kepentingan individu maupun kepentingan organisasi demi berjalannya fasilitas dan pemeliharaan pada sebuah website.
Seiring perkembangan teknologi dan dunia internet, peranan web hosting memiliki peran yang sangat penting. Sebab, tanpa adanya hosting maka situs website yang Anda miliki tidak akan mampu berjalan dengan baik. Dengan kata lain, hosting merupakan kunci kesuksesan website yang Anda miliki.
Hingga saat ini, masih saja ada yang salah paham dan menyamakan arti antara hosting dan domain. Padahal apabila ditelaah pengertian keduanya memiliki arti yang sangat berbeda, meskipun memiliki peranan yang sama pentingnya untuk kelancaran sebuah website.
Menurut pandangan WP Beginners pengertian hosting menjadi lebih sederhana. Menurut WP Beginners web hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah. Sedangkan domain diibaratkan sebagai alamat rumah tersebut. Sehingga keduanya saling berkaitan dan memiliki fungsi yang saling bergantungan.
Sedangkan domain merupakan sebuah alamat untuk website yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mempermudah seseorang menemukan website di internet. Sehingga ketika seseorang mencari sebuah website di kolom pencarian Google, website tersebut mudah ditemukan.

Tips memilih web hosting untuk bisnis kamu
Memilih sebuah hosting memerlukan banyak pertimbangan mengenai ruang, keamanan dan bandrol harga juga termasuk dalam pertimbangan tersebut. Meskipun telah memikirkan dan mempertimbangkan dengan sebaik mungkin, nyatanya menjatuhkan pilihan pada hosting provider tetaplah sulit.
Pasalnya, banyak sekali perusahaan web hosting yang memberikan penawaran harga murah. Akan tetapi dengan penawaran tersebut, Anda masih belum mengetahui bagaimana kualitas server yang diberikan. Agar mendapatkan kualitas yang bagus, sebaiknya lakukan tips memilih hosting berikut ini:

– Perbanyak Konsultasi dengan Web Developer
Melakukan pengecekan secara detail dengan fungsi situs web yang Anda inginkan akan mempermudah pemilihan layanan hosting yang sesuai. Sebelum mulai pembuatan website, tentunya Anda harus memiliki tujuan dan memahami betul fungsi website tersebut untuk apa.

– Mengolah dan Mencari Tahu Kebutuhan Bisnis Anda
Salah satu cara mengetahui kebutuhan situs web yang Anda miliki adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya adalah mempertimbangkan kecepatan akses, apakah website yang Anda miliki membutuhkannya? Bisa juga dengan memperhatikan disk space yang besar atau tidak. Dengan demikian web hosting yang akan dipilih akan semakin mudah.

– Carilah Harga yang Cukup Bersahabat
Memilih jenis hosting tentu saja harus melihat bandrol harga, sebab harga akan memberikan kualitas yang berbeda. Semakin mahal harga yang ditawarkan biasanya akan memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik. Begitupun sebaliknya, harga yang murah biasanya tidak menjamin kualitas pelayanan terbaik.
Itulah pengertian dan tips cara memilih web hosting yang dapat disampaikan. Apabila Anda masih termasuk dalam kategori pemula, maka Anda wajib memperhatikan tips di atas ketika hendak memilih hosting untuk website yang Anda miliki.

Categories: Uncategorized