Istilah Wajib Yang Harus Diketahu dalam Web Hosting

Istilah Wajib Yang Harus Diketahu dalam Web Hosting- Penggunaan website semakin hari semakin banyak peminatnya. Apalagi bermunculan berbagai macam perusahaan hosting yang akan membantu pembuatan website sampai siap untuk dipakai. Bahkan tidak sulit untuk mendapatkan domain. Apalagi sudah banyak penawaran domain dengan harga murah.
Sebelum terjun dalam dunia website, maka ketahui beberapa istilah yang dipakai dalam dunia website. Tujuannya adalah supaya tidak salah dalam memberikan perintah atau salah memprediksi gangguan. Adapun istilah-istilah tersebut bisa ditemukan di bawah ini.

Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Web Hosting
Perlu diketahui bahwa ada berbagai macam istilah dalam web hosting. Kemungkinan istilah-istilah tersebut kurang familiar, terutama bagi pemula. Bukan hanya itu saja, pengenalan semua istilah seputar website akan membantu pemahaman supaya tidak salah ketika menafsirkan artinya. Berikut beberapa istilah yang harus diketahui.

Hosting
Merupakan tempat penyimpanan file dengan berbagai bentuk. Mulai dari gambar, video, atau teks. Ada berbagai macam hosting yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak pilihan hosting, mulai dari yang paling mahal sampai yang murah. Tenang saja, harganya tidak akan sampai menguras kantong tiap bulannya.

Shared hosting
Shared hosting merupakan salah satu layanan yang paling populer di antara lainnya. Layanan ini sangat cocok bagi pemula yang membangun web hosting pertama kali yang memiliki cakupan kecil. Layanan ini dipakai bersama-sama dengan pengguna lainnya. Selain itu, shared hosting merupakan layanan paling murah dan ekonomis.

VPS
Berbeda dengan shared hosting, dimana satu server memiliki banyak pengguna dan sumber daya juga terbagi. Maka VPS memberikan sumber daya khusus untuk satu pengguna. Meskipun masih dalam satu server. Sehingga jika ada gangguan dari pengguna lainnya, maka tidak akan mengganggu pengguna lainnya. Ada banyak perusahaan VPS hosting Indonesia yang memiliki beragam harga. Namun yang pasti harga VPS lebih mahal dibandingkan dengam shared hosting.

Addon domain
Bagi seorang pemilik web hosting pertama kali, kemungkinan istilah addon domain masih terasa asing. Namun kali ini akan ada penjelasan tentang addon domain. Merupakan domain tambahan sesudah domain utama. Biasanya addon domain mempunyai folder sendiri, sehingga tidak akan mengganggu yang utama. Addon domain juga bisa dibuat lebih dari satu. Tentu saja bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Bandwidth
Istilah bandwidth akan sering terdengar ketika membahas VPS. Bandwidth merupakan kapasitas yang bisa digunakan untuk mentransfer data dalam website. Transfer data biasanya dihitung dengan satuan waktu bps (bit per second). Jika tidak ada bandwidth, maka tidak akan bisa menjelajahi dunia maya.

Disk space
Disk space merupakan salah satu istilah yang lebih mudah pemahamannya dalam web hosting. Singkatnya disk space merupakan kapasitas penyimpanan seperti komputer sehingga pengguna bisa menyimpan segala sesuatu. Seperti video, foto, dan lain sebagainya. Ibaratnya disk space merupakan sebuah koper yang diisi oleh pengguna website.

DNS (Domain Name Server)
DNS merupakan fitur yang memudahkan pemilik website dalam menghubungkan URL domain dengan IP Address. Tanpa adanya DNS, setiap pengguna website akan kesulitan untuk mengunjungi websitenya. Alasannya harus bisa menghafalkan IP address. Adanya DNS bisa meringkas waktu tanpa harus hafal IP address. Karena fitur tersebut akan membuat terjemahan yang bisa komputer pahami.

RAM
Setiap pengguna teknologi tidak akan asing lagi dengan istilah RAM. Pada web hosting, RAM memiliki manfaat sebagai penyimpanan berbagai macam perintah. Fungsinya hampir sama dengan RAM di komputer. Perbedaannya hanya dalam bentuk fisiknya. Kalau RAM di komputer memiliki wujud, berbeda dengan RAM di website yang tidak mempunyai bentuk fisik.

Itulah beberapa istilah yang harus diketahui oleh pemilik web hosting. Terutama pengguna website untuk pertama kalinya. Istilah-istilah di atas harus segera dipahami, sehingga bisa tanggap jika terjadi gangguan pada website. Semakin tahu apa penyebab dari gangguannya. Semoga bermanfaat.