Apa itu CloudLinux?

Home » Tutorial cPanel » Apa itu CloudLinux?
Tutorial cPanel No Comments
CloudLinux adalah sebuah sistem operasi berbayar berbasis CentOS. Yang membedakan sistem operasi ini dengan yang lainnya adalah adanya LVE. CloudLinux membuat sebuah ruangan virtual untuk masing-masing akun/user cPanel dan mengijinkan admin sistem untuk membatasi jumlah resources pada masing-masing user. Iniah yang membedakannya dengan script sejenis PRM (Process Resource Monitor).
Mengapa CloudLinux? Di dalam server konvensional, tidak ada pembatasan resources untuk masing-masing user (user di sini adalah 1 akun cPanel, bukan 1 domain).

Masalah utama resources adalah dari penggunaan CPU, IO disk, query MySQL yang buruk dan script yang jalan lainnya. Sebelum CloudLinux ada, hal ini seperti permainan antara kucing dan tikus. Admin sistem mendapat email pemberitahuan mengenai user yang menyebabkan server load, lalu ia login ke WHM dan segera mensuspend user tersebut. User tidak nyaman karena disuspend, Admin sistem juga jadi kerja ekstra karena harus mensuspend user. (Kucing VS Tikus!)

Dengan adanya CloudLinux, maka hal itu tidak lagi terjadi. Jika 1 user menyebabkan load, maka tidak akan mempengaruhi resources secara keseluruhan karena user tersebut akan terlimit oleh resources untuk dirinya sendiri. Sehingga tidak perlu disuspend, tetapi aksesnya/prosesnya akan jadi lemot atau bahkan muncul halaman error seperti berikut :

1. Internal Error 500
2. Gateway Timeout 504
3. Service Unavailable 503/508

Jika Kalian mendapatkan halaman error seperti itu, berarti resources yang kalian dapatkan sudah mentok.
Kesamaan cloudhosting dengan VPS adalah Dengan pembagian resources sesuai porsinya per akun, itu artinya ketika pembagiannya sudah memenuhi, maka tidak bisa membuat akun cpanel lagi, sehingga tidak bisa overselling.
Sama halnya dengan VPS, Jika resources/memori yang digunakan sudah habis terbagi, maka tidak bisa dibuat lagi. Jadi resources yang Kalian dapatkan di cloudhosting adalah dedicated resources. Tidak Kalian pakai, maka dia juga tidak akan terpakai oleh user lain.

CloudLinux Teknologi :

  • Mengisolasi pengguna dari satu sama lain untuk menghindari “efek tetangga yang buruk”
  • Mencegah pengguna dari melihat file-file konfigurasi dan informasi pribadi lainnya
  • Memungkinkan pengguna akhir untuk memilih PHP versi 4.4, 5.2, 5.3, 5.4 dan 5.5
  • Memberikan kekuatan untuk memantau dan mengendalikan batas, seperti CPU, IO, Memory, dan lain-lain
  • Membantu untuk membatasi dan throttle pelaku database MySQL
  • Kompatibel dengan semua panel kontrol utama
  • Dipertukarkan dengan CentOS dan RHEL
Jadi, CloudLinux adalah sebuah solusi yang memudahkan admin server karena tidak perlu kelabakan untuk mensuspend user yang menyebabkan overload. Dan untuk user, tidak perlu bingung lagi akibat suspend tiba-tiba.

Tampilan cPanel Statistik CloudLinux
cloudlinux
Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda login ke cPanel ada bagian di sisi kiri yang berisi banyak informasi tentang akun Anda. Biasanya ini menunjukkan jumlah ruang disk yang Anda gunakan, serta berapa banyak bandwidth yang Anda telah digunakan untuk bulan itu begitu jauh dan lebih. Beberapa nilai-nilai ini milik khusus untuk CloudLinux dan itu nilai-nilai ini kita akan melihat lebih lanjut secara rinci.

Di atas adalah screenshot yang diambil dari akun yang telah melihat lalu lintas dan pengguna yang besar terjadi di salah satu server kami baru-baru ini. Karena CloudLinux dan pembatasan sudah diberlakukan, peningkatan penggunaan situs ini tidak berdampak pada situs lain di server kami. Nilai-nilai ini diambil secara real-time dan akan berubah-ubah.

CPU Usage

Nilai ini merupakan berapa banyak sumber daya yang dialokasikan CPU Anda sedang menggunakan. Jumlah sumber daya CPU yang kami berikan kepada setiap account adalah persentase dari sumber daya server. Sebagai contoh, kita bisa menyediakan hingga 10% dari seluruh sumber daya server CPU untuk setiap account, tergantung pada jenis yang dari paket yang Anda miliki dengan kami.

Jika nilai ini mencapai 100% maka itu berarti Anda menggunakan semua sumber daya CPU yang tersedia kami telah dialokasikan ke akun Anda. Ini tidak berarti bahwa server menggunakan 100% dari penggunaan CPU-nya. Setelah nilai ini mencapai 100%, setiap proses tambahan harus menunggu sampai setiap proses sebelumnya telah selesai. Hal ini dapat menyebabkan website Anda muncul melambat secara dramatis dan bahkan mungkin waktu dalam kasus yang ekstrim.

Physical Memory Usage

Nilai ini merupakan berapa banyak memori yang  akun Anda gunakan. Setiap proses yang dibuat oleh akun Anda akan mengkonsumsi memori; sehingga setiap halaman PHP yang mengakses pengguna, setiap koneksi email Anda membuat dan sebagainya. Tidak seperti penggunaan CPU di mana kami memberikan nilai % pada server kami,  pada bagian ini di set dengan angka.

Jika nilai ini mencapai 100%, mungkin mulai mengalami kesalahan PHP (jika ada) di website Anda,  dan setelah pemakaian telah dikurangi menjadi di bawah batas, secara otomatis akan normal kembali.

Entry Processes

Entry Processes adalah jumlah proses yang masuk akun Anda. Misalnya, setiap halaman PHP yang diakses oleh pengguna biasanya akan menghasilkan proses entri. Banyak orang salah menafsirkan nilai ini sebagai “jumlah pengunjung Anda dapat memiliki website Anda sekaligus”. Meskipun benar bahwa setiap pengunjung mengakses halaman PHP akan menelurkan sebuah proses entri, proses ini biasanya berakhir begitu cepat bahwa hal ini sangat tidak mungkin bahwa 10 pengunjung akan datang bersamaan dan pada satu saat, kecuali jika Anda memiliki sejumlah besar secara signifikan dari pengunjung simultan pada website Anda sekaligus. Cronjobs  juga diperhitungkan proses entri.

Jika batas untuk proses entri terpenuhi maka proses selanjutnya akan ditolak. Jika Anda mencoba untuk mengakses halaman PHP Anda mungkin menerima halaman error 508 “Resource Limit Is Reached” .

Number Of Processes

Hal ini sangat mirip dengan di atas tetapi mencakup semua proses yang dihasilkan oleh akun daripada spesifik PHP, SSH atau cron pekerjaan. Jumlah ini biasanya sangat rendah, bahkan di bawah aktivitas tinggi, sebagai tugas non-PHP mengeksekusi dan lengkap bahkan lebih cepat.

I/O Usage

Nilai ini merupakan berapa banyak I / O (atau aktivitas disk) account Anda menggunakan. Setiap tugas yang menggunakan server disk drive (seperti membaca atau menulis ke server) akan mengkonsumsi I / O. Kami membatasi disk kecepatan maksimum setiap akun untuk memastikan bahwa tidak ada satu akun dapat memenuhi disk drive yang akan mengurangi kinerja untuk semua orang.

Mencapai batas ini akan menyebabkan semua proses untuk memperlambat (ke dalam batas ini) dan memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikan. Biasanya Anda tidak akan melihat pengaturan ini pernah meningkat kecuali Anda melakukan backup files besar pada akun Anda.

Inodes

Setiap file dan folder di dalam akun Anda akan dihitung sebagai 1 inode. Kami membatasi jumlah maksimum inodes untuk memastikan bahwa pengguna mencoba untuk menggunakan metode terbaik yang tersedia untuk penataan konten situs web mereka. Semakin banyak file account memiliki, semakin lama kemudian mengambil untuk backup kami untuk menjalankan dan secara keseluruhan ini dapat mempengaruhi kinerja dari tugas-tugas ini secara signifikan.

Jika batas inode terpenuhi, tidak ada file lebih lanjut atau folder dapat dibuat pada account. Ini benar-benar bisa sangat serius dan akan mengakibatkan ketidakmampuan untuk menerima e-mail .

Kesimpulan
Kami berharap bahwa di atas membantu untuk menjelaskan apa CloudLinux adalah, mengapa kita menggunakannya, dan apa batas-batas bagi Anda. Karena sifat dari shared hosting, batas-batas ini diperlukan untuk memastikan bahwa setiap pengguna dapat menggunakan layanan kami cukup tanpa mempengaruhi orang lain.