August 11, 2020

Beberapa Control Panel berbayar untuk Server Linux

Sebagai pemilik situs web, sangat sulit untuk mengelola beberapa situs web tanpa kontrol panel. Kontrol panel adalah antarmuka yang sepenuhnya berbasis web yang memiliki kemampuan pada server linux untuk mengelola layanan seperti : akun email, akun FTP, manajemen file, manajemen domain/subdomain, backup dan banyak lagi.

Kontrol panel memberikan solusi yang memudahkan bagi pengguna Linux pemula untuk meng-host beberapa situs web baik dengan VPS ataupun Dedicated Server. Kontrol Panel semacam ini menawarkan perangkat lunak yang mudah digunakan untuk menyederhanakan proses penanganan server tanpa perlu pengetahuan mendalam tentang beberapa administrasi pengelolaan server linux dengan menggunakan SSH atau terminal.

Kontrol panel yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah cPanel, Directadmin dan Plesk.  Kontrol Panel adalah perangkat lunak berbayar dan pemilik server harus membayarkan biaya bulanan untuk menginstalnya di server.  berikut penjelasannya :

1. cPanel

cPanel adalah kontrol panel hosting berbasis Unix/Linux. Antarmuka grafis membantu Anda mengelola situs web dengan sangat mudah dan cepat. fitur-fitur yang dirancang untuk menyederhanakan proses pengelolaan server linux anda.

cPanel memberi Anda kendali penuh atas berbagai pengelolaan situs web dan administrasi melalui standar browser seperti modzilla Firefox atau google Chrome dan juga menyederhanakan proses seperti membuat database, membuat  akun email, dan pengelolaan situs web.

untuk menggunakan kontrol panel ini pemilik server akan dikenakan biaya Rp. 250.000 untuk lisensi Solo (maksimal 1 account) yang bisa diinstall pada server VPS sedangkan bagi pengguna Dedicated Server dikenakan biaya Rp. 700.000 untuk lisensi Premier (maksimal 100 account) untuk info harga lebih lanjut bisa klik harga lisensi cpanel.

2. Plesk

Plesk adalah kontrol panel yang mirip dengan cPanel yang memungkinkan Anda untuk mengelola akun hosting Anda melalui antarmuka berbasis web. Anda dapat menggunakan panel ini dengan VPS, Shared dan Dedicated server. Plesk juga memungkinkan Anda untuk mengontrol ribuan virtual host di dalam server linux anda. kontrol Panel ini memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi banyak tugas yang pada akhirnya mengurangi biaya dan sumber daya.

Beberapa fitur kontrol panel ini

  • Buat akun FTP untuk pengguna
  • Kelola dan buat akun email dan basis data seperti MySQL dan PostgreSQL
  • Tambahkan domain dan subdomain.
  • Backup & Restore
  • Kelola DNS dan sumber daya lainnya.

 

untuk menggunakan kontrol panel ini pemilik server akan dikenakan USD 16,5 per bulan

3. Directadmin

DirectAdmin adalah kontrol panel yang menyediakan antarmuka admin grafis untuk mengelola situs web tanpa batas, akun email, dll. DirectAdmin dapat mengelola tugas Anda secara otomatis untuk mengatur dan mengelola situs web dengan mudah dan cepat.

Beberapa fitur kontrol panel ini

  • Kelola dan buat akun email dan kelola basis data.
  • Buat akun FTP untuk pengguna.
  • Kelola ekstensi halaman depan, DNS, dan lihat statistik.
  • File Manager bawaan untuk mengelola unggahan
  • Atur halaman kesalahan dan perlindungan kata sandi direktori.

 

untuk menggunakan kontrol panel ini pemilik server dikenakan biaya Rp. 400.000 / tahun untuk 1 account & 10 domain dan untuk unlimited account dan domain silahkan cek harga di harga lisensi directadmin.

Demikian sekilas informasi tentang kontrol panel berbayar. sebenarnya masih banyak kontrol panel lainnya namun untuk informasi tersebut akan kami informasikan di artikel selanjutnya.