Bingung Pilih Antara Pemakaian Webhosting Directadmin dan Webhosting cPanel, Ini Ulasannya- Memiliki website merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis. Website akan membantu promosi sekaligus membantu konsumen untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Namun sayang tidak mudah untuk mengelola website. Untuk itu, diperlukan web hosting. Merupakan layanan persewaan tempat untuk menyimpan data, baik pribadi maupun milik perusahaan besar.
Kebutuhan web hosting akan berbeda antara individu dengan perusahaan. Bagi perusahaan besar, memakai web hosting tidak akan cukup. Mereka memerlukan dedicated server yang bisa menampung lebih besar. Selain dedicated server, ada satu lagi yang dibutuhkan untuk mengelola website. Yaitu control panel.

Macam Control Panel yang Sering Dipakai Perusahaan Besar
Perlu diketahui bahwa panel hosting memiliki fungsi penting dalam mengelola server agar lebih maksimal. Memilih panel hosting yang tepat akan memudahkan memberikan perintah. Ada dua macam rekomendasi panel hosting, yaitu webhosting directadmin dan webhosting cPanel. Berikut penjelasan keduanya.

Webhosting cPanel
Webhosting cPanel merupakan panel yang memiliki lebih banyak pengguna. Bagi yang sering melakukan shared hosting, tidak akan asing dengan cPanel. Panel ini memiliki fitur paling lengkap dibandingkan lainnya. Selain itu, termasuk panel yang paling awal ada di dunia. Sehingga tidak heran hampir semua pengguna website mengenal panel tersebut.

Webhosting directadmin
Meskipun termasuk panel yang baru dibuat, namun webhosting directadmin tidak kalah dengan cPanel. Bahkan fitur di dalamnya juga hampir sama dengan cPanel. Directadmin akan memudahkan tugas pemilik web untuk mengontrol dan mengelola websitenya. Banyaknya fitur di dalamnya memudahkan mengelola berbagai macam situs web.

Itulah dua pilihan panel yang bisa digunakan oleh setiap pemilik web hosting Indonesia. Keduanya merupakan control panel yang populer di antara lainnya. Namun, ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu jauh. Berikut ulasannya.

Perbedaan Webhosting CPanel dan Webhosting Directadmin
Setiap pemilik website pasti bingung perbedaan antara webhosting directadmin dan cPanel. Keduanya memang sangat bagus dalam hal control panel, bahkan fitur yang dimiliki tidak jauh berbeda. Agar lebih jelas perbedaannya, simak rangkumannya di bawah ini.

Harga
Harga merupakan faktor utama ketika membeli barang. Begitu juga ketika dalam memilih control panel. Pada control panel cPanel memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan directadmin. Control panel cPanel sesuai digunakan untuk pebisnis dengan skala yang lumayan besar, sedangkan directadmin lebih cocok untuk pemakaian pribadi.

Fitur
Memang benar, perbedaan harga juga mempengaruhi layanan yang diberikan. Penggunaan web hosting cPanel lebih mahal karena fiturnya juga lebih unggul dibandingkan penggunaan webhosting directadmin. Fitur dalam cPanel lebih lengkap dibandingkan directadmin, meskipun isinya tidak akan jauh berbeda. Adanya fitur tersebut bisa dijadikan perbandingan mau pilih yang mana.

File manager
Kedua control panel baik cPanel atau directadmin memakai file manager yang mudah dalam penggunaannya. Fitur dalam directadmin memang tidak selengkap dalam cPanel. Pada directadmin, semua fiturnya bisa digunakan dengan memakai tooltips. Sedangkan pada cPanel memiliki lebih banyak fitur yang tentu saja lebih menarik untuk mengolahnya. Selain itu, pemakaian cPanel lebih mudah diganti dengan file manager.

Pemakaian ruang daya
Melihat banyak sekali fitur yang digunakan dalam cPanel membuat lebih banyak memakai ruang dan memori. Berbeda dengan directadmin yang fiturnya tidak sebanyak cPanel. Namun, beberapa tahun ini directadmin melakukan perbaikan dan penambahan fitur. Tapi tetap saja pemakaian ruangnya masih rendah.

Itulah perbedaan antara pemakaian webhosting directadmin dan webhosting cPanel. Hasil di atas juga bisa dijadikan pertimbangan pemilihan control panel yang tepat untuk website. Setiap perusahaan hosting menawarkan harga yang berbeda untuk control panel, silakan pilih yang sesuai dengan budget dan pemakaian fitur di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Categories: Uncategorized