Daftar Fitur Webhosting Directadmin Terlengkap perlu diketahui bagi orang-orang yang belum mengenal perangkat ini. Biasanya kebanyakan website menggunakan kontrol panel berupa Webhosting CPanel. Namun, semakin berkembangnya teknologi, perangkat penunjang di dalamnya pun dikembangkan.

Kontrol panel ialah sebuah perangkat, fungsinya untuk mengatur atau mengelola fasilitas di Web hosting. Dengan begitu, memilih kontrol panel dengan fitur lengkap akan sangat membantu. Website yang dimiliki dapat berfungsi lebih baik, seperti pada saat ingin beralih ke domain atau hosting lain.

Webhosting Directadmin termasuk kontrol panel terbaru, tetapi fitur-fiturnya dapat menyaingi CPanel. Bahkan, alat ini menjadi terobosan terbaru bagi pengguna website. Untuk itu, sebelum beralih ke Directadmin, sebaiknya pemilik website mengetahui terlebih dahulu apa saja fitur di dalamnya.

Fitur dari Webhosting Directadmin

Directadmin menyediakan 3 lisensi yang di dalamnya terdapat fitur-fitur tersendiri. Jenis lisensi tersebut ialah admin level, reseller level, dan user level. Dengan keunggulan ini, pengelolaan website pasti akan menjadi lebih mudah. Silakan menyimak daftar fiturnya berikut ini :

  1. Lisensi Admin Level

Jenis lisensi ini merupakan Webhosting Directadmin dengan akses paling tinggi. Pengguna bisa membuat reseller atau paket Web hosting. Selain itu, pemilik website juga bisa memberikan user dan password berbeda kepada pelanggan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini fitur-fitur di dalamnya.

  • Pembuatan Paket Reseller

Dengan menggunakan perangkat Directadmin, maka pengguna bisa membuat paket reseller. Kemudian, bisa memberikan akses paket tersebut kepada reseller. Dengan begitu, pengelolaan dalam penjualan akan semakin mudah. Dan reseller juga bisa mengatur banyak user yang berada di website.

  • Manajemen DNS Lebih Mudah

Fitur dalam Webhosting Directadmin memberikan kemudahan dalam memanajemen DNS. DNS tersebut merupakan sebuah sistem yang berfungsi menyimpan semua data domain. Dengan fitur ini, pengguna lebih mudah dalam mengaturnya, seperti ingin mengubah, menambahkan, atau menghapusnya.

  • Dapat Membuat Admin Lain

Jika pemilik website merasa kesulitan untuk mengelolanya sendiri, maka bisa membuat Admin lain yang bertugas. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih mudah dan terurus dan pelanggan tetap mendapatkan layanan terbaik. Pemilik website juga bisa membuat user dengan level reseller.

  • Menampilkan Semua User

Pemilik website tidak perlu khawatir dengan banyaknya user dalam website tersebut, karena Webhosting Directadmin memberikan solusinya. Fitur di dalamnya tersedia untuk menampilkan semua user. Bukan hanya itu, pemilik website juga bisa masuk ke dalam user tersebut.

Dengan begitu, website yang sedang dikelola akan aman dari tindakan berbahaya. Meskipun banyak Admin yang mengelola server, pemilik tetap bisa memantaunya. Kalau ibarat sebuah rumah, pemilik resmi memiliki kunci semua kamar. Jadi, jika ada hal buruk dari salah satunya, pemilik akan mengetahuinya.

  • IP Manager

Dalam fitur Webhosting Directadmin ini, pengguna dapat menambah atau menghapus IP Address pada setiap akun hosting. IP Address merupakan sebuah angka pada sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Fungsinya sebagai identitas dari perangkat tersebut, sehingga jelas asalnya.

  • Data Statistik

Pada menu ini, pengguna bisa mengetahui data statistik, baik itu berasal dari email, bandwith, disk space atau lainnya. Dengan begitu, peningkatan atau penurunan dari data-data tersebut dapat dilihat secara jelas dan detail. Mengetahui data statistik sangat penting, karena jika terjadi penurunan dapat mengambil langkah dengan cepat.

  • System dan Service Info

Fitur Webhosting Directadmin ini berfungsi sebagai info sistem yang sedang berjalan. Pengguna juga dapat melakukan restart dalam menu ini. Caranya dengan menghentikan service dan menjalankannya kembali. Service tersebut seperti apache, php, dan mysql. Hal itu lebih aman jika semisal ada kendala pada sistem website.

  • Mail Queue Administration

Sebuah website bisnis terutama yang dimiliki perusahaan besar, pasti akan menerima banyak email dalam sehari. Dalam menu ini, pengguna bisa melihat antrian email yang sedang masuk. Pengguna juga dapat me-retry atau menghapus email tersebut. Hal itu bertujuan agar tidak menumpuk banyak pemberitahuan.

  • Anti Spam

Fitur ini tidak ada menunya, tetapi sudah terdownload secara otomatis pada perangkat. Jadi, pengguna tidak akan terganggu karena adanya spam. Hal itu memang agak mengusik ketenangan, bahkan menghilangkan fokus. Dengan adanya fitur pada Webhosting Directadmin tidak ada lagi pesan spam.

  • DNS Multiserver

Menu DNS Multiserver tentunya berbeda dengan DNS Administration. Pada menu ini, pengguna bisa membuat nama server lain, tetapi bersifat privat. Dengan begitu, pemilik website akan memiliki multiserver yang bisa digunakan. Hal itu pasti berguna untuk hal-hal tertentu secara pribadi.

  • Licensing dan Updates

Pada menu Webhosting Directadmin ini, pengguna dapat melihat informasi tentang lisensi yang digunakan. Dan juga jika ingin mengetahui update software bisa melalui menu ini. Pengguna juga bisa langsung meng-updatenya dalam menu Licensing dan Updates. Pembaruan penting dilakukan untuk membuat kinerja website tetap lancar.

  1. Reseller Level

Dari namanya saja, lisensi ini cocok untuk website sebuah produk. Dengan fitur-fitur di dalamnya, pengguna akan lebih mudah mengelola penjualan. Pelayanan terhadap konsumen juga lebih memuaskan, karena sistemnya teratur dengan fitur lengkap. Berikut fitur-fitur yang ada dalam lisensi ini.

  • Name Server, yaitu pengguna bisa menentukan mama server sendiri untuk usernya.

  • IP Assignment, pada menu ini pemilik website dapat menentukan user mana yang akan mendapatkan IP Address.

  • Message All Users, yaitu pengguna dapat mengirimkan pesan ke beberapa user sekaligus.

  • User Packages, yaitu pengguna bisa membuat paket hosting, lalu memberikannya kepada user. Selain itu juga bisa menentukan besarnya space, bandwidth, email, dan lainnya.

  • Impor dan Manage Skins, fungsinya untuk mengelola tampilan skin Directadmin. Bisa dengan mengimpor atau mengatur tampilannya.

  • Create, List, dan Modify Account, berfungsi untuk menampilkan atau mengubah akun hosting user.

  • Service Information, yaitu menampilkan informasi mengenai service yang sedang berjalan.

  1. User Level

Lisensi ini berada di tingkat paling bawah dalam Webhosting Directadmin. Meskipun begitu, fitur di dalamnya juga sangat memadai. Pada level user, pengguna bisa langsung mengelola email, sub domain, dan file hosting. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak fitur-fiturnya berikut ini.

  • Site Backup, menu ini untuk melakukan backup pada semua file yang ada di website.

  • Directory Password Protection, berfungsi untuk mengamankan folded dengan cara memberikan password.

  • File Manager, berfungsi untuk mengelola semua file.

  • Email Administration, menu ini untuk membuat email atau menghapusnya.

  • DNS Menu, berfungsi untuk mengelola records DNS.

  • Statistics Menu, mencakup semua informasi statistik website.

  • FTP Management, pengguna bisa membuat FTP dengan fitur ini. FTP tersebut berfungsi untuk mentransfer data.

  • Sub Domain Menu, dalam menu ini pengguna bisa menambah sub domain atau menghapusnya.

  • MySQL Databases, yaitu pengguna dengan mudah dalam membuat atau menghapus database MySQL.

  • PHP Selector, digunakan untuk memilih multiple ke versi PHP.

  • Error Pages, berfungsi untuk membuat custom error pada halaman website.

  • Advances Tools, yaitu banyak menu di dalamnya, seperti SSL, Cron Job, dan Masih banyak lainnya.

Itulah fitur-fitur yang ada dalam Webhosting Directadmin, kegunaannya sangat lengkap. Pengguna bisa memilih lisensi sesuai kebutuhan website. Tidak ada salahnya mencoba control panel terbaru ini. Ada yang mengatakan bahwa pembaruan kekurangan sistemnya cepat diproses. Jadi, jika ada permintaan fitur dari pelanggan, bisa jadi akan segera ditambahkan.

Categories: Uncategorized