Colocation Server Indonesia: Ketahui Apa Itu, Tipe, dan Kapan Menggunakan

Colocation Server Indonesia: Ketahui Apa Itu, Tipe, dan Kapan Menggunakan – Kecanggihan teknologi telah mempengaruhi kehidupan manusia di dunia. Berdasarkan perkembangan teknologi dikuti dengan internet membuat aktivitas ada yang mengalami perubahan. Apalagi bagi yang bersinggungan atau senang beraktivitas dengan dunia maya tentu merasakan pesatnya kemajuan ini.

Mengetahui Apa Colocation Server Indonesia

Ketahui kalau colocation dikenal dengan Co-location ataupun Colo merupakan suatu konsep sederhana menyimpan server di ruang server dalam fasilitas sendiri. Colocation juga memungkinkan bisnis untuk menyewa ruang dan daya pada penyedia pusat data jarak jauh. Memakai colocation server serupa dengan menyewa unit penyimpanan pada fasilitas sewa penyimpanan besar.

Suatu tipe layanan yang memungkinkan untuk meletakkan server sendiri di data center orang lain atau penyedia layanan disebut colocation server. Dalam tipe ini untuk hardware ataupun physical server milik sendiri lalu menempatkan di data center yang diberikan layanan colocation server Indonesia, sehingga lebih hemat sebab tidak perlu membuat infrastruktur ruang data dan memperkerjakan tenaga ahli IT untuk mengelola.

Tipe Layanan Colocation Server

Menggunakan layanan colocation server maka gedung atau tempat, pendingin, daya, bandwidth, dan keamanan fisik disediakan oleh penyedia layanan server. Dengan begitu, akan menjadi lebih fokus mengelola bisnis karena tidak terganggu dengan masalah IT. Ada dua jenis server yang bisa dipilih oleh pengguna atau pelanggan terkait tipe layanan yang tersedia sebagai berikut:

Unmanaged Colocation

Web hosting Indonesia memerlukan server dengan layanan yang bagus. Apalagi untuk mengelola data file dengan kapasitas besar. Menggunakan Unmanaged colocation server sebagai pilihan dengan tanggung jawab pengguna terhadap proses monitoring, perbaikan masalah server. Kemudian, melakukan beberapa tindakan pencegahan data backup dapat dilakukan oleh pengguna/pelanggan sendiri.

Managed Colocation

Pihak penyedia layanan akan menangani untuk jenis layanan server colocation ini dalam proses atau operasi monitoring, maintenance, update atas server. Pihak penyedia layanan Co-location akan membantu dalam pengelolaan server pelanggan. Dengan begitu, pengguna akan lebih berkonsentrasi dalam aktivitas dan pekerjaan pokok tanpa khawatir dengan server di perusahaan maupun lainnya.

Kapan Menggunakan Colocation Server

Memakai layanan colocation server tidak ada waktu pasti. Jika, suatu perusahaan, penyedia cloud, dan lainnya mendesak membutuhkan sebagai penunjang dalam webhosting directadmin bisa segera menggunakan. Jadi, menggunakan layanan colocation server bagi perusahaan ataupun lainnya untuk kapan waktu membutuhkan berikut ini bisa membantu:

Semakin Tinggi Trafic Website

Mengalami perkembangan tinggi pada trafic website dan merasakan kurang optimal menggunakan layanan server yang dipakai sekarang. Hal itu bisa menjadi ukuran waktu untuk segera menggunakaan layanan colocation server, sehingga upgrade dapat tertangani dengan cepat. Jadi, memilih menggunakan colocation sebagai langkah tepat.

Hemat Biaya

Ingin memiliki server sendiri guna web hosting yang menunjang bisnis, tetapi terkendala dengan biaya mahal untuk membangun infratruktur ruangan data center dan isinya. Memilih menggunakan layanan colocation server merupakan langkah tepat sebab infrastruktur beserta isi sudah tersedia oleh penyedia layanan server. Misal ruangan data center, internet, teknisi IT, dan lainnya, sehingga lebih hemat.

Pemuatan Halaman Lambat

Website dalam pemuatan halaman lamban akan menyebabkan ratio bouce rate tinggi serta pengunjung tidak kerasan. Hal itu menimbulkan stigma buruk terhadap website dan enggan mengunjungi lagi. Pastikan sudah mengecek penyebabnya. Namun, kalau penyebabnya pada masalah hosting, maka memilih colocation server sebagai solusi baik untuk memperbaiki keterlambatan dalam pemuatan halaman website.

Colocation server Indonesia sebagai solusi dalam menangani permasalahan website serta bertindak sebagai data center. Dengan menggunakan layanan server ini akan membuat performa website lebih baik dan menunjang perkembangan bisnis. Jadi, langkah maju dalam kemajuan website dan bisnis apabila hosting lancar.

Artikel ini telah dipublikasikan di Jakhoster.com/blog dengan judul "Colocation Server Indonesia: Ketahui Apa Itu, Tipe, dan Kapan Menggunakan" oleh By adm.user0403 pada 2021-09-04 23:04:49. Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi: https://www.jakhoster.com/blog/colocation-server-indonesia-ketahui-apa-itu-tipe-dan-kapan-menggunakan/