Jenis Jenis Web Hosting

Jenis Jenis web Hosting – Perkembangangan teknologi dan informasi membuat para pengguna internet semakin banyak yang mengenal web. Sayangnya masih ada juga yang tidak memahami tentang web meskipun hampir setiap hari sudah sering membukanya.

Website atau yang biasa disebut juga dengan sebutan web sebenarnya sudah sering dikunjungi para pengguna internet. Web ini sebenarnya merupakan sebuah halaman yang sering dikunjungi para pengguna internet. Contohnya seperti facebook, Google dan lainnya.

Mengenal Web Hosting

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai jenis jenis web hosting, ada baiknya terlebih dahulu mengenal dan memahami apa yang disebut dengan website atau web. Lalu apa sih yang disebut dengan website atau web?

Website merupakan kumpulan dari beberapa halaman yang di dalamnya menyediakan berbagai informasi tertentu. Halaman website ini hanya bisa diakses para pengguna dengan menggunakan akses jaringan internet.

Website ini di dalamnya memiliki beberapa unsur pendukung yang sangat penting. Salah satunya adalah web hosting, domain dan juga konten. Tanpa dukungan ketiga unsur tersebut sebuah website tidak dapat ditemukan dan diakses pengguna internet.

Sedangkan pengertian hosting adalah sebuah layanan berbasis online yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan seluruh data untuk menerbitkan sebuah web. Dengan demikian hosting merupakan unsur penting dalam sebuah website.

Jadi yang disebut dengan web hosting adalah sebuah layanan yang berbasis online untuk mengaktifkan  sebuah website agar mudah ditemukan pada mesin pencarian google. Selain itu juga dapat diakses lebih cepat oleh para pengguna internet.

Cara Kerja Hosting Web

Untuk membuat website memerlukan perusahaan hosting penyedia ruang server untuk menyimpan semua file dan data base. Sehingga pada saat pengguna internet mencari web, maka hosting dapat langsung menyajikan file atau data yang diperlukan.

Agar web hosting ini dapat bekerja sesuai fungsinya pemilik web harus membayar biaya sewa server kepada perusahaan penyedia hosting. Karena itu sebaiknya carilah perusahaan penyedia hosting dan domain dengan harga murah.

Apalagi kalau server sudah dilengkapi dengan webhosting cPanel, maka pengelolaan website dapat lebih mudah. Penggunaan cpanel dalam hosting web ini semua pengaturannya dapat dilakukan pada control  panel tersebut.

Jenis Jenis Hosting Untuk Website

Setelah mengenal dan mengetahui bagaimana cara kerja web hosting, sebaiknya mengetahui tentang apa saja jenisnya. Berikut ini ada beberapa jenis hosting yang sebaiknya harus diperhatikan sebelum mulai membuat website.

Shared Hosting

Jenis hosting pertama adalah Shared hosting. Hosting ini sangat populer karena banyak digunakan pemilik website. Selain harganya murah shared hosting juga tidak memiliki banyak traffic sehingga cocok dipakai untuk pemula.

Sayangnya menggunakan web hosting jenis ini pemilik website harus rela berbagi penggunaan server dengan pemilik website yang lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kinerja website dapat terganggu oleh pengguna website yang lain.

Cloud Based Hosting

Hosting yang kedua adalah cloud Based Hosting. Hosting jenis ini adalah hosting yang mempunyai banyak server. Sehingga kinerja hosting web yang satu ini  akan lebih stabil karena mempunyai sumber daya yang tidak terbatas.

Dengan demikian pemilik website yang menggunakan web hosting ini pasti tidak akan kecewa karena tidak akan mengalami perhentian waktu. Sekalipun pada saat server mengalami gangguan.

VPS Hosting

Jenis hosting ketiga adalah VPS Hosting yang merupakan kependekan dari virtual private server,. Hosting website yang satu ini menjadi hosting web favorit banyak pemilik website. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kelebihan layanan yang disediakan.

Web hosting ini dari segi kinerja hampir sama dengan shared hosting. Hanya saja mempunyai sumber daya yang setingkat lebih tinggi. Selain itu pemilik web yang menggunakan hosting ini mempunyai hak penuh untuk melakukan pengaturan server.

Demikian informasi mengenai jenis jenis web hosting yang layak digunakan sebelum membuat website. Untuk mendapatkan berbagai jenis hosting ini dapat langsung berkunjung ke sini sedang ada Big Promo 8.8 Hari Kemerdekaan.

Artikel ini telah dipublikasikan di Jakhoster.com/blog dengan judul "Jenis Jenis Web Hosting" oleh By adm.user0403 pada 2021-08-23 10:34:35. Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi: https://www.jakhoster.com/blog/jenis-jenis-web-hosting/