7 Tips Penting Memilih Web hosting Yang Tepat Bagi Pemula. – Seiring dengan pertumbuhan teknologi digital di era industri 4.0, kebutuhan akan hosting terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini memicu hadirnya banyak provider hosting yang memberikan penawaran menarik bagi klien.
Hosting dapat diibaratkan sebagai sebuah rumah tinggal dimana domain menjadi alamatnya. Dalam menentukan pembelian sebuah rumah, tentu saja perlu mempertimbangkan hanyak hal. Harga hanya menjadi salah satu faktor yang menjadi pertimbangan saat akan memilih web hosting Indonesia.
Hosting Berbeda Dengan Domain : Cek Perbedaannya
Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara memilih webdomain, ada baiknya pengguna pemula mengenali terlebih dahulu perbedaan antara hosting dan domain agar tidak rancu. Sebuah website memerlukan domain dan hosting agar dapat berfungsi. Web hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua data yang diperlukan oleh sebuah website. Foto, gambar, file, dan apapun data yang diperlukan akan tersimpan dalam hosting ini.
Berbeda dengan hosting, domain merupakan alamat dari website tersebut yang dapat dibeli melalui provider. Pembeli dapat melakukan registrasi domain murah atau pun tipe yang lebih mahal sesuai dengan kebutuhan. Ibarat sebuah alamat tempat, maka domain pun memiliki nama yang berbeda-beda sehingga pengunjung akan dengan mudah menemukan tujuannya.
Inilah Kriteria Web hosting Yang Baik
Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah, tentu saja calon pembeli perlu untuk mengetahui kriteria rumah idamannya. Demikian juga dengan pembelian web hosting, konsumen perlu mengetahui dan mempelajari seperti apa kriteria hosting yang baik. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja website selanjutnya. Lantas apa saja yang menjadi pertimbangan baik tidaknya sebuah hosting?

Kecepatan atau Speed
Pertama-tama, calon konsumen perlu memperhatikan speed dari hosting yang ditawarkan oleh provider. Kecepatan memuat data atau loading yang lama akan menyebabkan orang meninggalkan website yang sedang mereka kunjungi. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan pengelola karena akan menurunkan traffic website.

Layanan Bagi Konsumen
Layanan konsumen atau support dari penyedia layanan web hosting tidak dapat diabaikan karena apabila pelayanannya tidak baik akan menyulitkan konsumen saat menemukan masalah. Layanan live chat 24 jam selama 7 hari, email, dan layanan telepon merupakan beberapa bentuk support dari provider.

Keamanan Pada Hosting
Pastinya konsumen tidak mengharapkan website yang dibangun terkena malware ataupun ancaman lainnya yang dapat merugikan. Oleh karenanya pastikan membeli hosting dengan tingkat keamanan tinggi. Adanya sertifikat SSL, adanya free back up daily dengan menggunakan JetBack Up, dukungan HTTP/2 & Ipv6 adalah beberapa fitur yang dapat menjamin keamanan website.

Kemampuan Scale Up
Mengetahui kualitas web hosting juga bisa dengan melihat kemampuannya untuk membuat website semakin berkembang. Paket-paket yang ada akan membantu pengembang untuk melakukan scale up terhadap website milik mereka. Paket dan jenis hosting yang dipilih juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan blog pribadi tentu akan sangat berbeda dengan website perusahaan ataupun e-commerce.
Pemula Wajib Mengetahui 7 Tip Memilih Web hosting Agar Tidak Salah Pilih
Bagi para pemula, sebelum memutuskan jenis hosting yang akan digunakan, terlebih dahulu harus mengetahui tujuan pembuatan website. Apabila webdigunakan untuk personal web, tentunya tidak perlu untuk memilih jenis VPS hosting Indonesia karena ini lebih sesuai untuk webperusahaan, portal berita, dan juga toko online.
Kualitas hosting tentu saja sangat mempengaruhi performa dari website. Oleh karena itu, pastikan untuk menyewa hosting berkualitas dibandingkan tergiur harga murah namun kinerjanya justru menghambat website untuk berkembang. Setelah mengetahui kriteria hosting yang bagus, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara memilih web hosting yang tepat bagi para pemula.

Cari Tahu Sistem Keamanan
Keamanan menjadi prioritas dalam pemilihan hosting. Data-data penting akan tersimpan di sini sehingga tidak bisa sembarangan memilih hosting yang belum teruji keamanannya. Adanya fitur Imunify360 Sever Security, SSL-Certificate, Free Backup Daily menggunakan JetBackup, BitDefender Antivirus & Firewall, LiteSpeed Enterprise dan Load Balancer, serta Support HTTP/2 & Ipv6 merupakan jaminan keamanan hosting.

Cek Speed atau Kecepatan yang Ditawarkan
Speed dari web hosting menjadi salah satu faktor utama dari performa website. Semakin tinggi traffic dari website maka kecepatan hostingnya juga harus tinggi. Hal ini tidak akan membuat pengunjung lari karena terlalu lama menunggu proses loading. Semakin cepat proses loading maka akan semakin memberikan pengalaman baik bagi orang yang mengaksesnya.

Berapa Batasan Akses atau Bandwidth
Bandwidth merupakan sebuah batasan dari server hosting untuk dapat diakses datanya. Apabila website memiliki traffic yang cukup tinggi, sebaiknya gunakan hosting dengan bandwidth tinggi atau bahkan yang unlimited. Untuk sebuah website bisnis, tentu sangat merugikan apabila webtiba-tiba mengalami error atau down saat traffic sedang tinggi.

Minta Informasi Mengenai Fitur pada Database
Kebutuhan fitur database akan berbeda-beda tergantung pemanfaatan website yang dibuat. Website perusahaan besar tentu membutuhkan fitur web hosting yang berbeda dengan personal blog. Tanyakan kepada provider, sebagai konsumen akan memperoleh fitur apa saja dalam paket hosting dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Provider yang Memiliki Reputasi dan Layanan Berkualitas
Layanan dan reputasi dari provider wajib menjadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli hosting. Live chat 24/7 kini selalu dimiliki oleh provider hosting profesional. Apabila mengalami kesulitan di luar kerja, maka layanan ini akan sangat membantu. Misalnya saja konsumen memiliki pertanyaan tentang Colocation Server Indonesia, maka dengan mudah bisa memperoleh penjelasan dari customer service-nya.

Harga Sesuai Budget dan Unlimited
Saat ini banyak provider web hosting yang memberikan penawaran dengan harga terjangkau sehingga memungkinkan pemula untuk mempunyai website. Memilih hosting yang unlimited namun tetap terjangkau harganya bisa menjadi pilihan bijak bagi pemula di bidang webdeveloper. Meski demikian, tetap penting untuk memperhatikan kualitas dari hosting yang hendak dibeli.

Adanya Garansi Uang Kembali atau Tidak
Kepuasan pelanggan menjadi prioritas dari perusahaan-perusahaan provider hosting yang berkualitas. Salah satu bentuk tanggung jawab dan memberikan pelayanan yang memuaskan adalah dengan memberikan garansi pengembalian uang apabila konsumen tidak puas dengan layanan yang diberikan. Hal ini juga akan memberikan rasa aman bagi konsumen saat memutuskan membeli hosting.
Setelah Memiliki Hosting, Apa Yang Harus Dilakukan?

Pemula yang baru mulai membangun website mungkin akan memiliki pertanyaan tersebut. Setelah memiliki web hosting, lantas apa langkah selanjutnya? Apabila baru memiliki hosting, maka perlu untuk membeli domain. Saat ini banyak penawaran domain murah Indonesia. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.
Website sudah bisa digunakan karena sudah ada domain dan hostingnya. Mulailah untuk mengisi webdengan data-data yang diperlukan. Untuk mengelola website, pengguna bisa masuk ke webhosting cpanel atau webhosting directadmin. Keduanya merupakan control panel yang paling sering digunakan dan memiliki fungsi hampir sama.
Kriteria web hosting yang baik dan juga cara-cara untuk mendapatkan hosting bagi pemula tersebut bisa dijadikan referensi ketika akan membeli hosting. Pastikan memperoleh hosting berkualitas dengan harga terjangkau agar performa website tidak mengecewakan. Hubungi pihak provider apabila ada hal-hal yang masih kurang jelas. Selamat membangun website berkualitas.

Categories: Uncategorized