Yuk Cari Tahu Jenis  Web Hosting Dan Cara Kerjanya

Yuk Cari Tahu Jenis  Web Hosting Dan Cara Kerjanya_Pastinya Anda sudah sering sekali mendengar tentang web, web hosting, domain dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut seringkali muncul ketika mempelajari hal-hal untuk pembuatan website. Website, kini seolah-olah menjadi hal yang harus dimiliki, baik bagi perorangan maupun perusahaan atau usaha lainnya. Berdasar keadaan tersebut, maka website merupakan suatu hal pokok untuk dimiliki.
Dengan memiliki website bisa juga digunakan sebagai sarana promosi. Promosi ini bukan hanya untuk meningkatkan penjualan namun bisa juga untuk meningkatkan branding. Dengan begitu akan berimbas pada omzet dan juga branding seseorang atau suatu produk. Untuk dapat memiliki sebuah website yang dedicated tentunya Anda harus tergabung dalam colocation server Indonesia.

Definisi Web Hosting
Web Hosting merupakan suatu layanan jasa online yang gunanya untuk membuat sebuah website bisa online di internet. Jadi ketika Anda sudah memiliki layanan hosting, maka selanjutnya Anda sudah bisa menggunakan server. Berkat server tersebut, nanti file ataupun data yang ada pada website Anda akan bisa bekerja dengan baik tentunya. Jadi tugasnya web host adalah sebagai penjaga dari system  server yang Anda gunakan, sehingga server bisa optimal dalam bekerja .
Tugas lainnya yaitu menjaga agar server senantiasa aktif serta mengamankan dari bahaya cyber yang bertebaran. Dengan demikian website Anda aman dari serangan virus dan juga hacker. Web host juga bertugas dalam membantu memindahkan konten-konten yang dibuat, baik dalam bentuk teks, file ataupun gambar.Tugas tersebut sering disebut dengan Webhosting cPanel
Nah jika sudah memiliki web hosting, selanjutnya adalah Nada harus memiliki domain. Terdapat perbedaan terhadap web hosting dan juga domain ini. Jika tadi web hosting merupakan space atau tempat untuk website Anda, maka domain adalah alamat dari website tersebut. Banyak pilihan domain murah Indonesia yang bisa dijadikan pilihan. Contohnya saja adalah id, yang menyatakan pengguna tersebut adalah berasal dari Indonesia.
Ada beberapa web yang menyediakan layanan domain yang terpisah semua tergantung dari penyedia domain dengan harga murah yang dipilih. Banyak penyedia jasa yang memberikan paket berbarengan atau sendiri-sendiri, tergantung paket yang diberikan. Jakhoster memberikan pilihan paket sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

Cara Kerja Web Hosting
Untuk sebenarnya bagaimana kerja dari sebuah web hosting, berikut adalah ilustrasinya. Misalkan saja Anda menyewa sebuah rumah, tentunya Anda harus membayar bukan untuk sewa tersebut. Kenapa demikian tentunya agar bisa menempati dan menikmati layanan yang ada di rumah tersebut. Seperti itulah kerja server web host tersebut.
Untuk menggunakan sebuah layanan web host, ANda harus menguasai suatu teknik pemrograman untuk mengelola sebuah website atau situs. Nah biasaanya hosting tersebut memberikan sebuah layanan grafis yang disebut webhosting directadmin yang dapat digunakan untuk mengelola seluruh aspek website. Misalnya saja sih ANda ingin mengupload konten HTML atau WordPress, bisa dilakukan.
Jakhoster ini bukan hanya menyediakan space server web hosting, namun juga memberikan layanan manajemen website. Misalnya untuk mengamankan sebuah website dengan menggunakan https:// atau registrasi domain murah. Layanan seperti hosting email, page builder, tool developer, layanan bantuan ataupun backup website. Layanan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah layanan  one click software install, layanan ini untuk website Drupal atau WordPress.

Jenis Dan Macam Web Hosting
Sebenarnya antara jasa web host satu dan yang lainnya menyediakan layanan jenis web host yang berbeda. Untuk hosting yang sering ditawarkan biasanya adalah hosting yang umum digunakan. Contoh jenis hosting yang biasa digunakan orang umum adalah seperti yang tertulis dibawah ini. Yuk kita simak.

Shared Hosting
Tipe web hosting yang paling populer digunakan adalah Shared hosting. Shared hosting ini bisa digunakan untuk berbagi server pada provider hosting yang sama. Maka websiteb tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbagi memori, disk space, computing power dan juga berbagi lainnya. Itulah mengapa banyak orang yang lebih senang menggunakan web hosting Share Hosting
Shared Hosting ini juga memiliki kelebihan diantaranya murah dan mudah. Cocok untuk para pemula yang meski belum menguasai tentang dunia website sama sekali. Selain itu Shared hosting juga memiliki preconfigured server dan juga control panel yang intuitif. Terdapat system maintenance dan sekaligus menjadi server.

Web Hosting VPS
Vps hosting Indonesia merupakan jenis website yang cocok digunakan untuk orang yang memiliki bisnis, apalagi jika trafficnya sudah tinggi. Menggunakan VPS ini selain Nada bisa berbagi dengan penggunaan alain, Anda juga akan diberikan space server yang lebih. Lebih dedicated dan memiliki memori dan power computing serta untuk masuk server juga memiliki akses root. Dengan demikian maka Anda bisa mengelola sendiri web hosting, karena scalability mudah.

Cloud Hosting
Selanjutnya ada yang namanya Cloud Hosting yang mana memiliki jumlah peminat yang tinggi di pasaran. Hal tersebut lantara Cloud Hosting ini tidak pernah downtime. Dengan memakai Cloud Hosting, maka Anda bisa memakai beberapa server. Nah jika salah satu server sibuk, otomatis traffic web akan dialihkan ke server lainnya yang masih dalam satu cluster. Jadi tidak perlu takut terjadi masalah terhadap kelancaran website, karena website bisa online terus.

WordPress Hosting
WordPress Hosting merupakan web hosting yang mirip dengan shared hosting. Pada server ini, konfigurasinya khusus untuk pengguna website WordPress. Sudah ada pluginnya, jadi siap untuk dipakai untuk beberapa aktivitas. Misalnya jika Anda ingin menambahkan keamanan atau caching sudah bisa dilakukan.
Dengan konfigurasi yang optimal inilah maka nantinya ketika loading menjadi lebih cepat prosesnya. Belum lagi ada tambahan fitur lainnya, misalnya pada tema-tema yang ada. Pilihan temanya yaitu ada pre design, drag and drop page builder serta tool developer namun tentunya lebih spesifik. Web hosting Indonesia ini memang terkenal murah, hamper sama dengan shared hosting. Penggunaannya yang mudah, menjadikannya bisa digunakan semua orang termasuk pemula.

Dedicated Server Hosting
Dedicated Server Hosting ini memiliki keunggulan yaitu memiliki server fisik yang khusus untuk web hosting Abda. Dengan demikian maka maka penggunaannya juga menjadi lebih fleksibel. Dengan memakai Dedicated Server Hosting ini, nantinya ANda bisa melakukan set up maupun konfigurasi sistem pada software sesuai dengan keinginan Anda.
Anda seperti memiliki server sendiri, namun bedanya Anda memiliki bantuan dari developer yang terpercaya. Dengan demikian akan membuat keamanan website menjadi lebih terjamin, karena memiliki akses root terhadap server. Dengan menggunakan web host ini Anda juga akan mempunyai kehandalan server, karena bisa mengontrol konfigurasi server.
Semakin bagus suatu sistem jasa pelayanan, maka akan memberikan kualitas pada kelancaran web hosting yang ditawarkan. Oleh karena ANda harus lebih jeli dalam menentukan pilihan untuk membeli hosting, domain atau jasa pembuatan website. Untuk layanan dengan jaminan yang berkualitas, Anda bisa menyerahkannya kepoada Jakhoster. Karena sudah banyak pengguna yang membuktikan betapa terjaminnya penyedia jasa ini.

Artikel ini telah dipublikasikan di Jakhoster.com/blog dengan judul "Yuk Cari Tahu Jenis  Web Hosting Dan Cara Kerjanya" oleh By adm.user0403 pada 2021-08-27 17:58:54. Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi: https://www.jakhoster.com/blog/yuk-cari-tahu-jenis-web-hosting-dan-cara-kerjanya/