Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Ini adalah pertanyaan yang sering menyebabkan kebingungan. Berikut penjelasan singkatnya!

Dasar-dasar untuk pengguna baru

Sebagai pengguna baru, Anda dapat memulai dengan Bitcoin tanpa memahami detail teknis. Setelah Anda memasang dompet Bitcoin di komputer atau ponsel Anda, itu akan menghasilkan alamat Bitcoin pertama Anda dan Anda dapat membuat lebih banyak kapan pun Anda membutuhkannya. Anda dapat mengungkapkan alamat Anda kepada teman-teman Anda sehingga mereka dapat membayar Anda atau sebaliknya. Sebenarnya, ini sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin hanya boleh digunakan satu kali.

Bitcoin

Saldo – Block Chain

Block Chain adalah buku besar publik bersama di mana seluruh jaringan Bitcoin bergantung. Semua transaksi yang dikonfirmasi termasuk dalam blockchain. Dengan cara ini, dompet Bitcoin dapat menghitung saldo yang dapat dibelanjakan dan transaksi baru dapat diverifikasi untuk membelanjakan bitcoin yang benar-benar dimiliki oleh pemboros. Integritas dan urutan kronologis rantai blok ditegakkan dengan kriptografi.


Transaksi – kunci pribadi

Transaksi adalah transfer nilai antara dompet Bitcoin yang termasuk dalam blockchain. Dompet Bitcoin menyimpan sepotong data rahasia yang disebut kunci pribadi(Private Key) atau benih(Seed), yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa mereka datang dari pemilik dompet. Tanda tangan itu juga mencegah transaksi diubah oleh siapa pun setelah dikeluarkan. Semua transaksi disiarkan di antara pengguna dan biasanya mulai dikonfirmasi oleh jaringan dalam 10 menit berikutnya, melalui proses yang disebut penambangan.

Pengolahan – penambangan

Mining adalah sistem konsensus terdistribusi yang digunakan untuk mengkonfirmasi transaksi tunggu dengan memasukkan mereka dalam blockchain. Ini menegakkan urutan kronologis dalam blockchain, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer yang berbeda untuk menyetujui keadaan sistem. Untuk dikonfirmasi, transaksi harus dikemas dalam blok yang sesuai aturan kriptografi yang sangat ketat yang akan diverifikasi oleh jaringan. Aturan-aturan ini mencegah blok sebelumnya yang dimodifikasi karena hal itu akan membatalkan semua blok berikut. Penambangan juga menciptakan lotere yang kompetitif yang mencegah setiap individu dari dengan mudah menambahkan blok baru secara berurutan dalam blockchain. Dengan cara ini, tidak ada individu yang dapat mengendalikan apa yang termasuk dalam blockchain atau mengganti bagian dari blockchain untuk memutar kembali pengeluaran mereka sendiri.

Turun ke lubang kelinci

Ini hanyalah ringkasan yang sangat singkat dan ringkas dari sistem. Jika Anda ingin mengetahui detailnya, Anda dapat membaca kertas asli yang menjelaskan desain sistem, membaca dokumentasi pengembang, dan menjelajahi wiki Bitcoin.

Artikel ini telah dipublikasikan di Jakhoster.com/blog dengan judul "Bagaimana cara kerja Bitcoin?" oleh By adm.user0403 pada 2018-04-12 08:54:52. Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi: https://www.jakhoster.com/blog/bagaimana-cara-kerja-bitcoin/