Apa itu BITCOIN.. apa daya tariknya ?

Bitcoin adalah mata uang baru yang dibuat pada tahun 2009 oleh orang yang tidak dikenal menggunakan alias Satoshi Nakamoto. Transaksi dibuat tanpa perantara – artinya, tidak ada bank! Bitcoin dapat digunakan untuk memesan hotel di Expedia, berbelanja furnitur di Overstock dan membeli game Xbox. Tapi banyak dari hype adalah tentang menjadi kaya dengan perdagangan itu. Harga bitcoin meroket ke ribuan pada tahun 2017.

Mengapa Bitcoin?

Bitcoin dapat digunakan untuk membeli barang secara anonim. Selain itu, pembayaran internasional mudah dan murah karena bitcoin tidak terikat dengan negara mana pun atau tunduk pada peraturan. Usaha kecil mungkin menyukai mereka karena tidak ada biaya kartu kredit. Sebagian orang hanya membeli bitcoin sebagai investasi, berharap bahwa mereka akan naik nilainya.

Memperoleh Bitcoin

– Beli di Exchange
Banyak pasar yang disebut “pertukaran bitcoin” memungkinkan orang untuk membeli atau menjual bitcoin menggunakan mata uang yang berbeda. Coinbase adalah pertukaran terkemuka, bersama dengan Bitstamp dan Bitfinex. Tetapi keamanan dapat menjadi perhatian: bitcoin senilai puluhan juta dolar dicuri dari Bitfinex ketika diretas pada tahun 2016.

– Transfer
Orang dapat mengirim bitcoin satu sama lain menggunakan aplikasi seluler atau komputer mereka. Ini serupa dengan mengirim uang tunai secara digital.

– Pertambangan
Orang-orang bersaing dengan bitcoin “tambang” menggunakan komputer untuk memecahkan teka-teki matematika kompleks. Ini adalah bagaimana bitcoin dibuat. Saat ini, pemenang dihargai dengan 12,5 bitcoin kira-kira setiap 10 menit.

Memiliki Bitcoin

Bitcoin disimpan dalam “dompet digital”, yang ada di awan atau di komputer pengguna. Dompet adalah sejenis rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna untuk mengirim atau menerima bitcoin, membayar barang atau menyimpan uang mereka.

Meskipun setiap transaksi bitcoin dicatat dalam log publik, nama pembeli dan penjual tidak pernah diungkapkan – hanya ID dompet mereka. Meskipun hal itu membuat transaksi pengguna bitcoin bersifat pribadi, itu juga memungkinkan mereka membeli atau menjual apa pun tanpa dengan mudah melacaknya kembali kepada mereka. Itulah mengapa itu telah menjadi mata uang pilihan bagi orang yang membeli obat secara online atau kegiatan terlarang lainnya.

Masa depan dipertanyakan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan bitcoin. Hal ini sebagian besar tidak diatur, tetapi beberapa negara seperti Jepang, Cina dan Australia telah mulai menimbang peraturan. Pemerintah khawatir tentang perpajakan dan kurangnya kontrol mereka atas mata uang.

Artikel ini telah dipublikasikan di Jakhoster.com/blog dengan judul "Apa itu BITCOIN.. apa daya tariknya ?" oleh By adm.user0403 pada 2018-04-12 08:48:00. Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi: https://www.jakhoster.com/blog/apa-itu-bitcoin-apa-daya-tariknya/