4 Langkah Sukses Membangun Startup di Indonesia

By in :

Teknologi informasi punya andil besar terhadap kemajuan masyarakat di berbagai belahan dunia. Selain menjadi sarana sosial penghubung satu sama lain, internet juga mempermudah urusan manusia di berbagai bidang kehidupan tanpa kendala jarak dan waktu. Salah satu dampak positif internet adalah makin pesatnya angka pertumbuhan ekonomi, seiring dengan makin banyaknya bisnis berbasis digital seperti startup dan e-commerce.

Dibandingkan dengan bisnis konvensional, startup memang lebih menjanjikan—terutama buat generasi muda yang sehari-hari akrab dengan gawai dan internet. Nah, sebelum mantap menceburkan diri ke bidang usaha virtual semacam ini, ada baiknya kamu memperhatikan langkah-langkah sukses membangun startup di Indonesia berikut.

  1. Kombinasi Passion dan Survei

Memulai usaha dengan modal passion saja ternyata tidak cukup, lho. Ada aspek lain yang harus dipertimbangkan baik-baik agar bisnismu sukses dan tetap bertahan, yaitu kondisi dan selera pasar. Misalnya, kamu hobi ngegame, dan ingin mengembangkan usaha digital di bidang tersebut, maka kamu wajib melakukan survei pasar untuk melihat minat dan selera calon konsumen.

Survei bisa dilakukan dengan berbagai cara, kok, mulai dari diskusi, nongkrong bareng teman-teman, membaca referensi update di internet yang berkaitan dengan bidang usaha yang akan dijalankan. Cara ini terbilang efektif dan menghindarkanmu dari kegagalan akibat “membeli kucing dalam karung” di awal merintis usaha.

  1. Rancang Konsep Startup dan Manajemen

Setelah menentukan bidang usaha yang akan dijalankan, langkah berikutnya adalah merancang manajemen dan konsep startup secara detail. Tentukan siapa yang akan menjadi penanggung jawab di masing-masing bagian.

Bangun juga konsep startup secara jelas. Misalnya, kamu akan membangun aplikasi atau situs khusus kuliner, maka hal-hal yang wajib dimasukkan dalam fitur di antaranya: informasi seputar makanan, alamat resto/rumah makan, review konsumen, dan semacamnya.

Lengkap tidaknya informasi dan fitur dalam sebuah website atau aplikasi akan ikut menentukan kesuksesan usaha startup yang kamu bangun, lho. Jadi, sebelum diluncurkan, bangun konsep dengan jelas dan matang, ya!

  1. Bergabung di Forum-Forum Startup

Bergabung di forum startup atau usaha digital sejenis tidak hanya akan membuat pengetahuanmu seputar startup bertambah, tetapi juga memperluas jaringan. Tak jarang komunitas pebisnis startup memberikan program inkubasi (pembinaan) secara gratis buat para pebisnis pemula.

Dari sini kamu bisa belajar mengenai seluk-beluk dan langkah-langkah mendirikan usaha startup di Indonesia. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa dicarikan investor, lho! Jika masih bingung memulai, cobalah sering-sering berkunjung ke situs techinasia yang merupakan komunitas global pengusaha startup se-Asia.

  1. Menguasai Teknologi Informasi

Namanya saja berbisnis secara digital, tentu kamu harus punya kemampuan di bidang teknologi informasi. Tidak hanya dalam proses awal pembuatan startup, teknologi informasi yang memadai juga diperlukan sepanjang bisnis dijalankan. Coba pikirkan, bagaimana sebuah usaha akan maju jika pemiliknya saja tidak menguasai apa yang sedang ditanganinya?

Tenang saja, kamu tidak perlu menjadi seorang software engineer profesional untuk memulai bisnis startup. Namun, sekurang-kurangnya kamu paham cara kerja internet. Untuk urusan membuat dan merawat web/aplikasi bisnis, kamu masih bisa menyewa jasa ahli IT. Sekarang sudah banyak, kok, penyedia layanan membuat website yang siap membantu kamu dari awal sampai akhir proses, salah satunya adalah Jakhoster alias Jakarta Hosting Center.

Sekilas Tentang Jakarta Hosting Center

Jakarta Hosting Center merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan hosting dan domain murah di Indonesia. Selain menawarkan layanan dan fitur berkualitas dengan harga yang terjangkau, kami juga memiliki beberapa produk yang sangat direkomendasikan untuk para pegiat dan pebisnis startup, seperti pendaftaran domain, hosting, SSL (Secure Socket Layer), sewa server website, dan sebagainya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

Soal profesionalitas, Jakhoster sudah dipercaya ratusan klien dari berbagai penjuru Indonesia untuk menangani dan mengelola lebih dari 6.300 domain/website. Nah, kamu yang sedang berencana merintis usaha startup, tetapi masih bingung mau memulai dari mana, percayakan saja semua pada Jakhoster!

Written By