5 Aplikasi Fintech Paling Populer di Indonesia

By in :

Fintech atau financial technology merupakan salah satu sektor usaha startup yang sedang sangat digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Layanan keuangan berbasis digital ini memungkinkan siapa saja untuk mengakses segala macam transaksi finansial secara lebih sederhana dan praktis tanpa kendala waktu dan jarak.

Pemanfaatan teknologi informasi adalah salah satu ciri fintech. Kemudahan inilah yang membuat fintech makin terkenal di kalangan masyarakat, terutama generasi muda yang kesehariannya akrab dengan internet. Lalu, apa saja, sih, aplikasi fintech yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia?

  1. Kitabisa.com

 

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, kan? Kitabisa.com merupakan salah satu fintech paling terkenal di Indonesia. Platform crowdfunding online pertama di Tanah Air ini memungkinkan siapa saja untuk menggalang dana atau melakukan kampanye sosial secara terbuka.

Tidak hanya populer, Kitabisa juga berhasil menuai kesuksesan di usianya yang terbilang masih baru. Alfatih Timur, CEO Kitabisa, bahkan menyatakan pada tahun 2016 lalu fintech ini berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp60 miliar dari 3.000-an kampanye sosial. Dana yang terkumpul dari penggalangan dana lewat Kitabisa tidak hanya disalurkan pada ranah lokal, lho, tetapi juga internasional!

  1. Bareksa.com

Bareksa.com menempati urutan kedua aplikasi fintech yang paling populer di Indonesia. Seperti namanya, industri teknologi finansial ini memiliki layanan dan berbagai macam produk reksadana, seperti yang biasa ditemukan pada bank-bank konvensional.

Aplikasi Bareksa didesain dengan fitur yang mudah dan canggih, sehingga semakin memudahkanmu dalam mengetahui informasi seputar produk reksadana, info saham dan obligasi, serta layanan investasi lain secara lebih detail. Bahkan, manajemen investasinya pun disusun sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Bareksa.com juga menjadi startup fintech yang secara resmi mendapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menjual efek reksadana. Lewat gebrakan tersebut, Bareksa ingin membuktikan kepada masyarakat kalau kunci utama sukses sebuah startup adalah kualitas.

  1. Go-Pay


Kamu yang sering memakai jasa transportasi online pasti tidak asing lagi dengan aplikasi fintech yang satu ini, kan? Ya, Go-Pay merupakan 1 dari 10 startup di bidang keuangan elektronik yang sukses merebut hati masyarakat Indonesia.

Tidak hanya membayar ongkos transportasi, aplikasi yang awalnya bernama Go-Jek Credit ini memungkinkan setiap pemakainya menggunakan Go-Pay untuk berbagai keperluan finansial lain, seperti membeli makanan, membayar tagihan pulsa telepon atau listrik, dan layanan e-money lainnya.

Berbarengan dengan masuknya jasa angkutan online di kota-kota kecil, layanan Go-Pay pun kini sudah banyak dipakai masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

  1. CekAja.com

 

Aplikasi fintech terpopuler di Indonesia yang selanjutnya adalah CekAja. Startup yang merupakan anak perusahaan dari Grup C88 Financial Technologies asal Malaysia ini menyediakan berbagai layanan keuangan digital yang bisa diakses berbagai kalangan, seperti KPR (Kredit Pemilikan Rumah), kredit kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

CekAja.com punya fitur kartu kredit yang siap memberikan informasi ter-update untukmu seputar layanan finansial kapan saja. Selain diawasi OJK, Fintech Indonesia, dan Bank Indonesia, startup tersebut juga sudah bekerja sama dengan berbagai bank besar seperti Citibank, Permata Bank, dan Bank Commonwealth.

  1. DOKU

Merupakan fintech yang sangat terkenal dan cukup senior di Indonesia. Berdiri pada tahun 2007, aplikasi ini memungkinkan pebisnis dan konsumen untuk menikmati beragam layanan keuangan dengan fitur yang user-friendly.

Tidak hanya menyediakan fitur terima dan kirim tagihan, DOKU juga membantumu mengontrol jumlah pengeluaran dengan memisahkannya menjadi 2 kategori: uang belanja dan tabungan (yang bisa disimpan di deposito atau tabungan berjangka masing-masing user). Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang hobi belanja online.

Kesuksesan Fintech dan Dukungan Teknologi Informasi

Kesuksesan yang diraih perusahaan atau aplikasi fintech populer di Indonesia tentu tidak lepas dari peran teknologi informasi. Membangun website startup dengan profesional adalah langkah awal yang harus dilakukan jika kamu ingin sukses di bidang ini.

Yuk, mulai rintis perusahaan fintech-mu sekarang juga!

Written By